BELAJAR BAHASA ARAB ITU MENARIK LHO…!

Belajar Bahasa Arab itu Menarik Lho Kurikulum Ismuba SD Muhammadiyah 8 memuat Mata Pelajaran Bahasa Arab mulai dari kelas 2 hingga kelas 6. Menurut artikel yang dikutip dari https://abiummi.com , beberapa manfaat dari mempelajari Bahasa Arab adalah: • Dengan memahami bahasa arab, kita akan mudah memahami makna yang terdapat dalam Al Qur’an karena Al Qur’an diturunkan dengan menggunakan bahasa Arab. • Banyak ilmu pendidikan Islam yang menggunakan bahasa Arab. Islam bermula dari negeri Arab sehingga ilmu-ilmu Islam mayoritas menggunakan bahasa Arab. Dengan demikian, bahasa Arab harus digunakan sebagai sarana dan perangkat dalam mendalami ilmu-ilmu tersebut. • Bahasa Arab ialah bahasa yang indah. Dengan mempelajari bahasa ini, akan mempertajam daya pikir, nilai seni, dan sastra kita. Umar bin Khatthab berkata, “Pelajarilah bahasa Arab. Sesungguhnya ia dapat menguatkan akal dan menambah kehormatan.” Benarkah bahasa Arab dapat meningkatkan daya pikir? Benar, lantaran di dalam bahasa Arab terdapat susunan bahasa yang indah. Tak hanya itu, dalam bahasa Arab terdapat perpaduan kalimat yang serasi. Hal ini akan membuat seseorang mengoptimalkan daya imajinasinya. Dengan demikian, secara tidak langsung akan menajamkan kekuatan intelektual mereka. Untuk melatih sekaligus membantu anak dalam menguatkan daya ingat mereka terhadap berbagai kosakata bahasa Arab yang diberikan, para pendidik dapat menggunakan alat peraga sebagai alat bantu dalam proses pendidikan belajar, misalnya ketika kita ingin memberikan kosakata mobil, kita dapat membawa mainan mobil-mobilan di depan anak-anak. Hal ini akan sangat membantu sang anak karena mereka dapat melihat secara langsung dan nyata bentuk dari mobil tersebut. Demikian pula yang terlihat pada Pembelajaran Bahasa Arab di kelas 2 Al Jabbar pada Kamis, 17 Januari 2019. Tujuan dari pembelajaran adalah siswa mampu melafalkan dan mengetahui serta menghafal 8 kosakata terkait nama hewan. Mazidatul Rohmah, S.Pd., guru pengajar alumnus dari Universitas Muhammadiyah Surabaya yang saat itu membawa alat peraga berupa gambar 8 jenis hewan disertai nama hewan dalam tulisan Arab, awalnya menunjukkan gambar-gambar tersebut kepada siswa sambil mengucapkan nama hewan dalam bahasa Arab. Siswa diminta menirukan ucapan guru dengan diulang-ulang secara individu dan bersama-sama. Aqeel Athaullah, salah satu siswa yang akrab dipanggil Ata, sekilas tak mengikuti arahan guru karena terlihat sibuk dengan buku teksnya. Ternyata, ia menyimak ucapan guru dan mencocokkan dengan tulisan nama hewan yang ada di buku teksnya. Pada bagian akhir, siswa diminta mengerjakan LKS dengan menuliskan nama hewan sesuai gambar, serta mewarnai gambar tersebut. (dewixtia@gmail.com)

  • |
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *