Guru ini Ajarkan Ucapan-Ucapan Baik Lewat Nyanyian

SDM8SBY – Penguatan pendidikan karakter menjadi salah satu muatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) hari ke-2 yang digelar pada Selasa (19/7/2022) di SD Muhammadiyah 8 Surabaya.

Pendidikan karakter merupakan hal penting yang dikembangkan dalam pembelajaran di jenjang sekolah dasar karena karakter menjadi modal pembentukan pribadi yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan saling menghargai dalam hidup bermasyarakat.

Hal sederhana dalam penguatan karakter religius pada siswa-siswi adalah ucapan-ucapan yang baik dalam kondisi apapun. Seperti ucapan “Alhamdulillah” saat senang, “Hasbunallah” saat sedih, “Insyaallah” saat berjanji, dan lain sebagainya.

Di tangan Muhammad Mughofar, S.Pd.I, guru yang bertugas menyampaikan materi tersebut, pembiasaan berucap yang baik disampaikan kepada peserta MPLS dalam bentuk nyanyian yang menarik dan mudah ditirukan.

Uniknya lagi, Pak Ghofar, demikian ia biasa disapa, juga menyanyikan ucapan-ucapan baik yang lain dalam bahasa Jawa, untuk membekali siswa dengan “unggah-ungguh” atau sopan santun dalam bergaul.

“Diparingi: matur nuwun, ditimbali: matur dalem, yen lewat: ndherek langkung, yen lepat: nyuwun pangapunten”, demikian diantara lirik yang dinyanyikannya.

Sementara itu, Drs. Mohammad Naim, M.Pd., pengawas pembina dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang menyempatkan hadir untuk meninjau jalannya acara sangat mengapresiasi muatan materi tersebut. Beliau juga memberikan motivasi kepada siswa agar belajar di sekolah dengan gembira, menjadi anak-anak sholih dan sholihah, taat kepada Allah, berbakti kepada orang tua dan guru. (dewi)

24 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.