SAATNYA SISWA SD MUHAMMADIYAH 8 SURABAYA TERAMPIL DALAM MERAWAT JENAZAH

SDM8SBY  – Sebelum dikuburkan, jenazah seorang muslim wajib hukumnya untuk dimandikan dan disholatkan. Memandikan jenazah bertujuan untuk kembali suci dan hukum dari memandikan jenazah adalah fardhu kifayah yang berarti wajib dilakukan.

Rabu 05 Februari 2020, Siswa-siswi kelas 6 SD Muhammadiyah 8 Surabaya melaksanakan ujian praktik Al-Islam. Ujian praktik kali ini menjadi ujian menantang dan ditunggu-tunggu bagi siswa kelas 6 SD Muhammadiyah 8, dikarenakan tema yang diusung dalam ujian praktik kali ini adalah “Merawat Jenazah”. Para siswa kelas 6 tidak sabar untuk mengikuti ujian praktik ini, terbukti  mereka sangat berantusias dan berlatih sungguh-sungguh sebelum ujian berlangsung.  

Ujian praktik Al-islam ini dikemas dengan menarik dan seolah- olah siswa sedang ada pada situasi tersebut. Siswa harus mengetahui bagaimana adab ketika bersama orang sakit, mengantarkan orang sakit parah kepada sakaratul maut yaitu talqin, memandikan jenazah, merawat jenazah, mensholati jenazah hingga menguburkan jenazah.

Untuk menunjang agar ujian praktik ini menarik dan berkesan semua properti kebutuhan dalam proses merawat hingga menguburkan jenazah dibuat dan disiapkan dengan asli seperti: keranda mayat, kain kafan, kapur barus, sabun, dan daun bidara  H. Syaiful Anwar, S. Ag., selaku ustad yang mengampuh pelajaran Al-Islam kelas 6 menyatakan bahwa ujian praktik ini bertujuan untuk melatih anak-anak dan memberikan bekal ilmu yang nantinya akan diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Bilamana terdapat sebuah musibah siswa SD Muhammadiyah 8 siap di depan untuk membantu dan menangani jenazah tersebut (Nadiyatul Adabiyyah).

289 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *