PAMERAN KEBERAGAMAN DAN MASAKAN NUSANTARA

KOLABORASI CANTIK IKWAM & SISWA KELAS 6 DALAM AJANG UPRAK SBDP & PKN SDM8 SBY

SDM8SBY – Apa keberagaman dan apa itu nusantara? Merujuk dari KBBI nusantara adalah sebutan nama bagi seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Sedangkan keberagaman adalah perbedaan dalam berbagai bidang seperti: ras, suku, bangsa, agama, ideologi, budaya, serta makanan. Dilansir dari Situs Berita Lingkungan (Mongabay) PBB menyatakan bahwa pulau Indonesia terdiri dari 13.466 pulau.

            Bangsa Indonesia adalah bangsa majemuk yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, dan bahasa. Kemajemukan tersebutlah yang akan membuat khazanah bagi bangsa Indonesia.

Chef DIDIK dari HOTEL MERCURE GRAND MIRAMA SURABAYA sedang mencicipi salah satu masakan siswa

Senin, 03 Februari 2020 seluruh Ikatan Wali Murid (IKWAM) kelas 6 dan siswa kelas 6 SD Muhammadiyah 8 Surabaya berpartisipasi dalam kegaiatan ujian praktik yang diselenggarakan oleh SD Muhammadiyah 8 Surabaya. Kolaborasi cantik sangat jelas  diperlihatkan oleh seluruh IKWAM dan siswa kelas 6 SD Muhammadiyah 8, buktinya mereka sangat berantusias dengan memasak dan mempresentasikan makanan khas daerah seluruh Indonesia yang sudah dibagi kelompok. Tidak kalah penting, juri yang didatangkan oleh SD Muhammadiyah 8 untuk menilai hasil makanan yang sudah dihidangkan adalah Dra. Sophia selaku pengawas Dinas Pendidikan di kecamatan Mulyorejo dan ibu Alifa dari Pimpinan Daerah Aisyiyah Surabaya.

Dra. Sophia selaku pengawas Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Ibu Henny selaku ketua IKWAM kelas 6 menuturkan kegiatan ini merupakan kegiatan yang kreatif, berkesan, dan bagus. Adanya kegiatan ini anak-anak diharapkan mempunyai pengalaman baru dan nantinya bisa diceritakan di kemudian hari. Pesan yang disampaikan ketua IKWAM kepada SD Muhammadiyah 8 Surabaya agar acara-acara seperti tidak luntur dan tidak sampai disini saja, melainkan dapat menghadirkan acara-acara baru yang kreatif dan inovatif. Tidak hanya itu, Ibu Henny juga menuturkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh SD Muhammadiyah 8 mempunyai ciri khas dan keunikan dalam setiap acara, imbuhnya. Dalam kegiatan ini, siswa kelas 6 mendapatkan tugas kelompok untuk memasak makanan khas daerah seperti: Sumatera Selatan, Madura, Betawi, Jawa Timur, dan Bali. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pengetahuan ke siswa akan banyaknya  keragaman makanan yang dimiliki bangsa Indonesia (Nadiyatul Adabiyyah).

329 views

4 Comments to “PAMERAN KEBERAGAMAN DAN MASAKAN NUSANTARA”

  1. *Tractor Guru* fantastic channel

    1. TOP

  2. perhatikan spasinya dalam menulis,

    1. Terima kasih atas masukkannya, ini akan menjadi evaluasi kami, dan setelah kami teliti lebih lanjut, ternya bukan kami tidak memberi spasi namun setelah di publish 1 spasi tidak cukup untuk memisahkan antar kata dan terlihat berdempetan saat di publis, ini juga dipengaruhi dari media apa pembaca mengaksesnya (ternyata setiap HP/Laptop berbeda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *