SD Muhammadiyah 8 Surabaya Latih Karakter Mandiri Siswa Melalui KTS

SURABAYA – SD Muhammadiyah 8 Surabaya mengadakan Kegiatan Tengah Semester (KTS) yakni pembelajaran di luar kelas yang bertajuk “Outbound Ceria” pasca Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil  di Apple Sun Kaliwatu, Kota Batu, Malang.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi yakni pada Kamis (5/10) yang diikuti siswa kelas 1 dan 4 SD Muhammadiyah 8 Surabaya. Dan pada Jumat (6/10) di Bhakti Alam Pasuruan yang diikuti siswa-siswi kelas 2, 3, dan 5.

Umar Haiq, Wakil Kepala SD Muhammadiyah 8 Surabaya mengatakan bahwa kegiatan belajar mengajar tidak harus selalu di dalam kelas, melainkan perlu adanya pembelajaran di luar kelas sehingga siswa-siswi tidak merasa bosan serta agar siswa dapat menerapakan pembelajaran kontekstual yang bisa menambah wawasan pengetahuan.

“Kegiatan Tengah Semester (KTS) yang diadakan di luar kelas ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pembelajaran tentang karakter mandiri, terampil, kerjasama, dan tanggungjawab kepada peserta didik yang disesuaikan dengan tema pembelajaran di kelas yang dilaksanakan secara outdoor,” ujar Umar.

Umar  berharap agar siswa dapat menerapkan kemandirian dan rasa tanggungjawab sebagai modal untuk tumbuh menjadi siswa yang berpotensial.

Kegiatan itu terdiri dari beberapa rangkaian di antaranya pembukaan, tanam padi, perah susu sapi, petik buah, memberi makan ikan, mengenal cara mengolah biogas, shalat Jumat, sampai fun game untuk melatih kekompakan dalam tim serta melatih mental dan keberanian siswa. (nisa)

Sumber: Muhammadiyah.or.id

67 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *