Latih Kemampuan Komunikasi, Siswa Kelas 4 Al-Karim Diajarkan Praktik Wawancara

Belajar tak melulu hanya di kelas, guru harus berperan aktif guna menciptakan pembelajaran yang inovasi dan kreatif.

Hari ini, Senin (25/4) merupakan hari yang tak terlupakan bagi siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 8. Karena, siswa melakukan kegiatan praktek wawancara di lingkungan sekolah.

Wawancara merupakan kegiatan tanya jawab antara dua orang atau lebih yang berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara untuk mendapatkan informasi yang tepat dari narasumber yang terpercaya. Wawancara dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada narasumber.

Sebelum proses wawancara berlangsung, Bu Nadiya sebagai wali kelas empat menyampaikan bagaimana cara membuat soal pertanyaan yang baik dan tata cara melakukan wawancara. Agar, saat melakukan wawancara siswa dapat melakukannya dengan bahasa yang tepat dan sopan.

Seluruh siswa pun nampak semangat untuk menyiapkan soal pertanyaan kemudian bergirilan mengajukan pertanyaan kepada narasumber.

Tujuan dari kegiatan ini untuk melatih siswa dalam kemampuan berkomunikasi, menambah wawasan, serta belajar untuk bersosialisasi terhadap sesama.

Terlebih lagi narasumber dalam praktek wawancara di lingkungan SD Muhammadiyah 8 surabaya adalah kepala sekolah, bapak ibu guru, petugas perpustkaan, petugas keamanan, dan petugas kebersihan sekolah.

“Saya senang dengan kegiatan wawancara hari ini bu,  jadi saya dapat pengalaman baru dan belajar tampil percaya diri. Ujar salah satu murid kelas 4 Al-Karim. (na)

11 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.