Merawat Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Mengenal Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Sungguh terasa “excited” dan semangat para siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 8 Surabaya menyambut kegiatan Puncak Tema kali ini. Bagaimana tidak? Para siswa kelas 2 dikenalkan dengan tanaman yang sebelumnya tidak mereka tahu sama sekali.

Rasa ingin tahu yang sangat tinggi membuat para siswa kelas 2 ingin segera menuju ke Aula SD Muhammadiyah 8 Surabaya untuk mendengarkan penjelasan tentang pengenalan tanaman toga dan cara merawatnya. Tanaman Obat Keluarga (TOGA) menjadi salah satu topik hangat yang sedang siswa diskusikan hari ini Selasa, 15 Februari 2022.

Mulai dari jahe merah, kunyit, kumis kucing, gingseng, dan masih banyak lagi tanaman obat keluarga (TOGA) yang dikenalkan pada siswa-siswi SD Muh 8 Surabaya di kegiatan Puncak Tema kali ini. Tidak sekadar mengenal jenis-jenis TOGA saja, para siswa SD Muh 8 Surabaya juga memahami manfaatnya dari materi yang disampaikan secara langsung di Aula SD Muh 8 Surabaya.

Tidak hanya mengenal secara teori saja, tetapi para siswa kelas 2 mengamati dan mengidentifikasi secara langsung pada TOGA tersebut. Tanaman Obat Keluarga (TOGA) ditanam di halaman sekolah bagian selatan yang berhadapan langsung dengan ruang kelas 2.

Mengenal saja masih belum menuntaskan rasa “excited” para siswa kelas 2 SD Muh 8 Surabaya. Mereka juga mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengetahui cara merawat TOGA sebutan dari tanaman obat keluarga tersebut.

Salah satu cara untuk merawat tanaman obat keluarga yaitu dengan menyirami sehari satu kali. Pemahaman tersebut dijelaskan pada para siswa hingga muncul pertanyaan dari salah seorang siswa, “Kalau setiap jam disiram nggak boleh ya, Bu?”.

Salah seorang ibu guru pun menjawab, “Tanaman obat keluarga disiram satu hari cukup satu kali, ya. Kalau setiap jam nanti tanamannya bisa layu”. Rasa puas dengan jawaban tersebut membuat siswa semakin paham cara merawat tanaman obat keluarga dengan benar, terutama cara menyiramnya.

Kegiatan Puncak Tema kelas 2 SDM 8 Surabaya tahun ajaran 2021/2022 tidak hanya merawat tanaman obat keluarga (TOGA) saja, tetapi juga mengenal makanan 4 sehat 5 sempurna. Bekal makanan yang sehat dan higienis sudah disiapkan para siswa kelas 2 dari rumah masing-masing.

Mereka sangat menyukai bekal makanan 4 sehat 5 sempurna karena terdapat berbagai macam jenis makanan yang ada pada tempat bekal makan mereka. “Saya suka kalau tiap hari bekal makanannya lengkap 4 sehat 5 sempurna kayak gini” ucap salah satu siswa hebat SDM 8 Surabaya.

31 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.